Pages

TINDAK TEGAS SIAPAPUN YANG MENANGKAP IKAN DENGAN CARA DI STRUM, DI TEMBAK, DI BOM, DI OBAT DAN PUKAT HARIMAU.. LESTARIKAN ALAM, BUDAYAKAN MANCING CnR

Jumat, 11 Oktober 2013

Macam-macam Ikan Predator

ARAPAIMA GIGAS

 
Arapaima gigas a.k.a pirarucu adalah ikan air tawar yang bisa dikatakan terbesar didunia.Ikan ini berasal dari amerika selatan,maksimal tumbuh ikan ini sampe 4 Meter lebih dialam liar dan kolam luas,tapi jenis ikan ini sering ditangkap dan diburu karena dagingnya dan bisa juga diekspor kenegara lain.

Ikan arapaima termasuk ikan yang lidahnya bertulang seperti jenis arowana dan pada saat dewasa panjang lidahnya bisa 15 cm,lidahnya juga sering digunakan sebagai amplas oleh penduduk lokal. Ikan ini juga lumayan tahan terhadap kondisi air jelek asal tidak "terlalu" karena ikan ini hidupnya dipermukaan dan biasanya mengambil nafas langsung dari udara dipermukaan air. Dialam liar kabarnya arapaima akan melingkarkan/menggulung tubuhnya ke dalam lumpur jika air sungai mengering dan menyusut (kaya trenggiling kali ya)

Di negara thailand arapaima banyak terdapat dikolam-kolam pemancingan monster fish,disana juga sudah bisa di bread/ternak sendiri dan diekspor ke negara lain sebagai peliharaan.Dinegara kita sendiri banyak juga para hobi ikan predator air tawar yang memelihara ikan raksasa ini, harganya untuk yang masih kecil 700 ribu sampe 1 juta,biasanya kalo sudah diatas 1 meter harganya bisa diatas 5 juta (menurut internet).

Syarat hidup arapaima
  • pH: 6.7 (5.8 -7.2)
  • GH: 8 (2 -12) (skala Jerman)
  • Temperatur: 24 - 30 °C
  • Panjang Maksimum (alam liar): 450 cm
  • Makanan: pakan hidup bisa juga daging ayam ikan selar dll pada dasarnya dia ikan rakus 
  • Reproduksi: egg layer - mouthbrooder
  • Cahaya: terang tanpa sinar matahari tapi ada yang bilang dikasih sinar biar merahnya cepet keluar
  • Zone Renang: atas

 

ATRACTOSTEUS SPATULA a.k.a ALLIGATOR GAR

 
Atractosteus spatula atau alligator garr sering disebut spatula ataupun ikan alligator diindonesia,adalah monster yang sesungguhnya ikan primitif ini berkepala mirip buaya dan cara makanya juga menyerupai buaya apa saja yang mengandung daging pasti dilahap habis.Spatula adalah jenis gar terbesar perbedaan mencolok terdapat pada moncong yang pendek,kokoh,besar dan rahang atasnya memiliki baris gigi besar ganda warna tubuh gar asli hitam tapi dipasaran juga ditemukan kecoklatan (mungkin hasil silang),perbedaan lain yaitu pada nafsu makan ikan yang sepertinya tidak pernah kenyang dan pertumbuhanya yang bisa dibilang sangat cepat.

Rekor dunia mancing ikan dari amerika utara ini adalah 127 kg(yang ditangkap dengan teknik mancing),sedangkan dengan teknik bowfishing adalah 166 kg.Menurut sumber ikan ini bisa bertahan di darat sekitar 2 jam.

Dipasaran jakarta ikan ini untuk ukuran +-30 cm biasa dijual dengan harga 100-150 ribu,sebenarnya spatula adalah jenis ikan larangan karena tidak boleh dilepaskan disungai indonesia,ditakutkan akan mengganggu kestabilan ekosistem alami sungai/danau di sini.Tapi pernah juga dimedia terdengar kabar ada masyarakat yang menangkap/menemukan ikan ini di alam liar,bahkan ada juga yang mengeramatkan ikan ini (karena menganggap ikan jadi-jadian) itu sebenarnya karena ketidaktahuan mereka saja.

Penyebaran alami ikan ini ditemukan di Mississippi River Valley dan Pantai Teluk negara bagian Amerika Serikat dan Meksiko tenggara sampai selatan

Jika anda mau memelihara ikan ini pastikan siap untuk membeli makanya kalo ukuranya sudah diatas 1meter pasti makanya lebih mahal dari harga ikanya dan pastikan juga tempat untuk memelihara butuh kolam/paludarium yag besar,pastikan juga tempatnya terlindung dari anak kecil.

Ikan ini berenang di zona atas dan setiap beberapa menit mengambil nafas dari udara

 

BAGARIUS YARELLI (Giant Devil Catfish)

 
Bagarius yarelli adalah ikan jenis catfish dia memiliki nama lain Giant Devil Catfish, Goonch, Pla Kaey, Sand Shark.Ikan ini bisa ditemukan di asia selatan dan asia tenggara,tersebar di sungai gangga dan kali (india),sungai pharaya (thailand),sungai mekong,sungai merah vietnam,malaysia sampai indonesia juga.Dari semua keluarga Bagarius, jenis B. bagarius memang paling banyak ditemukan di Indonesia. Penduduk setempat, di Pulau Jawa, menyebut ikan ini sebagai ikan kelaling.Ikan ini tidak begitu disukai karena dagingnya cepat busuk sehingga bisa menimbulkan penyakit.

Ikan lele ini juga pernah dilaporkan ditemukan di sungai kapuas dan musi,dijawa barat dan bali.Sayang kondisi air di indonesia kusunya jawa dan bali sangat menurun dan mengakibatkan ikan ini terancam punah atau bahkan mungkin sudah punah saat ini (di jawa dan bali).

Bagarius yarelli berasal dari zaman eocen,fosil tertu ditemukan di Indonesia (sumatra) dan India.

Dari data penelitian yang ada, Bagarius yarrelli punya empat jenis saudara lainnya, yakni Bagarius bagarius (dapat tumbuh mencapai 20 sentimeter),Bagarius suchus (70 sentimeter), Bagarius rutilus (1 meter), dan Bagarius gigas. Namun, dari semua jenis itu, Bagarius yarrelli berukuran tubuh paling jumbo,dapat mencapai panjang 2 meter.

Ikan ini tinggal di air agak dingin dan berarus agak kencang. pH kisaran (7,2-7,6). Rentang suhu 18,0-23,0 ° C (64,4-73,4 ° F).Dengan struktur sungai berbatu-batuan.

Makanan bagarius yarelli adalah serangga air tawar,ikan kecil_kecil,udang dll.Ada suatu mitos di negara india di sungai kali ikan ini bisa tumbuh besar karena makan jasad manusia,karena sungai kali adalah tempat ritual pembakaran mayat orang Hindu.Mereka (penduduk lokal) mengatakan ikan ini ketagihan daging manusia.Seorang anak remaja dari Nepal dikabarkan menghilang ketika sedang bermain di sungai kali (april 1988).Tiga bulan selanjutnya ada lagi pemuda yang hanyut kesungai dan ada seorang sakski mata yang melihat seram bertubuh panjang dan menyeretnya ke dalam air.Apakah anda percaya???

 

RED TAIL CATFISH

 
Redtailcatfish adalah ikan lele cantik yang memiliki ciri warna merah/orange pada sirip ekornya.ikan ini berasal dari amerika selatan dan dan dapat tumbuh menjadi ikan yang besar,meskipun demikian tapi ikan ini biasa dipelihara di akuarium dan kolam.

Habitat asli ikan ini adalah sungai amazon,orinoco,dan dilembah sungai Essequibo Amerika Selatan

Jika anda berminat memelihara ikan ini sebaiknya anda menyiapkan tempat yang lumayan besar juga,lebih baik jika di pelihara didalam kolam / palud.RTC bisa dicampur dengan ikan besar lainya seperti arapaima.RTC juga pertumbuhanya sangat cepat keukuran 60 cm tapi sesudah itu akan melambat.Makanan ikan ini juga termasuk mudah ketika masih bayi bisa diberi cacing beku,ikan_ikan kecil,udang dll,ketika sudah dewasa bisa diberi makan daging ayam ikan kiloan.

 

GIANT MEKHONG CATFISH (Pangasianodon gigas)

 
 
Giant mekhong catfish a.k.a Pangasianodon gigas adalah jenis catfish raksasa yang bisa tumbuh sepanjang 3.2 meter dan berat 350kg lebih.Pada umur 5/6 tahun ikan ini bisa tumbuh 150-200kg.ditempat asalnya (yang berhasil tercatat) ada yang pernah menangkap ikan ini 2,7meter (9kaki) dengan berat 279kg.
Untuk Membedakan ikan ini dengan patin biasa ketika masih anakan memang susah.Ini sedikit ciri_cirinya=>
Duri punggung (total): 2,jari lunak sirip punggung (total): 7 - 8,Sirip dubur lunak, Tubuh tanpa garis,lubang hidung bagian belakang terletak di dekat lubang hidung anterior,bercabang-jari sirip punggung, tulang saring insang dasar atau tidak,kelabu sirip, tidak pernah hitam. Pusat mata di atas garis horizontal melalui sudut mulut pada remaja,mata benar-benar di bawah tingkat sudut mulut di subadults dan dewasa. Pasangan maksilaris dan mandibulary dari cuping berkembang baik di remaja,sungut mandibulary menjadi dasar dalam subadults dan dewasa. Ukuran raksasa,gigi dan tulang saring insang oral hadir di muda kecil, tidak ada sekitar 30-50 cm SL,punggung, sirip perut dan dada tanpa ekstensi berserabut. Dibedakan dari lele besar lainnya di Mekong oleh ketiadaan gigi dan tidak adanya hampir lengkap sungut.

Ditempat asalnya (sungai mekhong vietnam) ikan ini dilindungi karena sudah terancam punah karena penangkapan yang berlebihan dan pembendungan hulu disungai.

 

GENGHISKAN

 
Giant pangasius,Chao Phraya giant catfish ,Pangasius sanitwongsei,genghiskan,hiu air tawar adalah jenis ikan patin raksasa yang biasa ditemukan disungai mekong seperti saudaranya giant mekong catfish.Ikan ini bisa ditemukan di kamboja,cina,laos,vietnam dan thailan.jika ingin melihat langsung dan merasakan tarikan ini (mancing) bisa datang di thailand,disana banyak sport fishing ikan besar termasuk ikan ini.

Ikan ini bisa tumbuh hingga 3 meter dan berat 293kg.Ciri_ciri fisik=>berpigmen dengan melanophores kehitaman. Ia memiliki kepala lebar, datar. Memiliki perak, melengkung bawah dan punggung coklat gelap.Punggung, dada dan sirip perut berwarna abu-abu gelap dan sinar lembut pertama memanjang menjadi sebuah filamen.Perbedaan paling mencolok mungkin pada sirip atas yang panjang.

Sama seperti giant mekong ikan ini juga bertelur sebelum musim hujan.

Jika dipelihara di akua ikan ini tidak terlalu agresif dibanding spatula/predator lain.Ikan jenis ini juga agak susah jinak biasanya suka nyosor_nyosor kaca dan bolak_balik akua (kadang susah diem) makanya ikan ini banyak menghabiskan oksigen.

 

 GABUS TOMAN

 
Channa micropeltes,giant snakehead,Toman adalah sejenis ikan gabus(channidae).Toman dapat mencapai panjang +- 1,5 meter,ukuran ini adalah ukuran terbesar dari semua jenis gabus.Nama toman sendiri adalah nama dari indonesia dan malaysia sedangkan Snakehead berasal dari bahasa inggris yang artinya kepala ular,karena kepala dan giginya mirip ular.

Ketika dewasa ikan ini berwarna hitam kebiruan,dengan perut warna putih.Ketika masih anakan warnanya kemerahan dan ada garis hitam dan jingga di tubuhnya (sisi kanan dan kiri).

Penyebaran Toman antara lain didaerah Malaysia,Thailan,Laos,Myanmar,Vietnam India dan pastinya di Indonesia barat seperti sumatra,jawa kalimantan dan pulau sekitarnya.

Toman adalah ikan predator yang memakan apa saja yang ada di air/di atas air seperti katak,ikan lain,serangga air ataupu burung.Induk toman sangatlah agresif ketika dia menjaga anaknya,biasanya dia akan mengumpulkan anaknya yang ratusan dan dia pasti berada didekat kerumunan anaknya.Jika ada ikan/predator lain yang mencoba mendekatinya biasanya dia akan menyerang untuk mempertahankan diri dan anaknya.Bagi para pemancing ikan toman pasti akan mencari kerumunan/gerombolan anakan toman dan biasanya mereka melempar umpan ke arah gerombolan ikan itu,dengan harapan sang induk akan menggigit umpan.

Diindonesia sendiri ikan ini banyak dijual belikan sebagai ikan hias tapi banyak juga yang dibuat sebagai makanan.di amerika ikan ini dilarang dipelihara.
Water parameters: Temperature 22-28˚C / 72-82˚ F; pH 6-7.5
Pengaturan kolam : ketika masih baby meungkin bisa dipelihara diakua namum keti dewasa harusnya dipelihara di kolam/palud dengan dihiasi daerah terbuka dan diberi tempat untuk sembunyi.

 

HANA ARGUS

 

Chana argus adalah keluarga gabus/channidae yang berasal dari korea,cina dan rusia.Ikan ini pernah menyerang perairan di amerika dan sangat menghebohkan di media masa (snakehead/fishzila invasion).

Ciri_ciri chana argus antara lain sirip punggung panjang dengan jari 49-50, sirip dubur dengan 31-32 jari, kepala anterior-depresi kecil, mata di atas bagian tengah rahang atas, mulut besar memperluas melampaui mata, gigi taring besar di rahang bawah, panjang sampai 40 inci (1,0 m), dengan satu laporan dari 60 inci (1,5), dan berat badan sampai 7 kg.Warnanya cokelat emas dan cokelat pucat, dengan bercak gelap pada sisi dan bercak seperti sadel di belakang. Bisul ke arah depan cenderung untuk memisahkan antara bagian atas dan bawah, sementara belakang bercak lebih cenderung berdekatan.warna ikan hampir sama antara remaja dan dewasa.

Ikan chana argus bisa tumbuh hingga +- 1 meter.Ikan ini juga kabarnya bisa bertahan 3-4 hari tanpa air dengan suhu 10-15°C.

 

CHANNA AMPHIBEUS

Channa amphibeus/borna snakehead adalah jenis gabus yang sangat langka.Ikan chana jenis ini hanya berasal dari India tepatnya di sungai chel.

Ikan ini hidup di suhu 28-30C,ikan chana jenis ini lebih kecil dibanding jenis Toman atau argus sehingga mudah dipelihara di akuarium.Maximal ukuranya hanya 25cm,biarpun ukuranya kecil tapi tetap saja ini adalah ikan predator.

Jika anda mau memelihara ikan ini pada saat masih kecil ikan ini bisa bertahan di dalam air rendah oksigen tapi pastikan permukaan air diberi rung supaya bisa mengambil udara langsung.

 

RED BELLY PIRANHA

 

Pygocentrus nattereri/red belly piranha adalah spesies piranha yang paling banyak dan umum dijual di toko_toko ikan.Spesies piranha ini ditemukan di sebagian besar sungai-sungai di Amerika Selatan tengah dan selatan timur Andes dan termasuk pesisir sungai itu Guyana, Suriname dan Brasil. Di wilayah timur laut Brasil.Seperti namanya, mereka memiliki warna kemerahan di perut ketika sudah dewasa, meskipun ketika muda berwarna perak dengan bintik-bintik gelap. Mereka tumbuh dengan panjang maksimum 33 cm dan berat 3,5 kg

Masalah makanan tentu anda semua sudah tau,ya ikan piranha ibarat pembersih kotoran memakan semua yang ada asal ada dagingnya.

Dibanding spesies piranha lain redbelly termasuk yang pemalu,biarpun bisa beradaptasi di lingkungan baru yang ada manusia.Dianjurkan memelihara ikan ini dalam 5 ekor lebih karena mereka hidupnya bergerombol menciptakan mesin pemburu.Untuk menciptakan ruang hidup yang nyaman bagi ikan ini hendaklah aqua diberi black water dan pencahayaan tidak terlalu terang.Hendaknya dalam akua juga diberi batang kayu_kayuan untuk tempat bersembunyi.

Red belly biasanya bertelur pada musim hujan (april-mei).Sang jantan akan membangun sarang dari ranting ataupun batu,dan menunggu si betina meletakan telur.Sifat agresif akan bertambah ketika sang jantan menjaga telurnya

Oh ya harga ikan ini bisa dibilang murah untuk ukuran kecil anakan mungkin sekitar 5-8 ribu
Berikut penampakanya

 

CARIBA PIRANHA

Cariba Piranha, Black Shoulder Piranha, Orinoco Piranha, Black Eared Piranha, Venuzuelan Red Belly Piranha.Ikan ini hanya ditemukan di daerah Rio oniroco dan di lianos di venezuela.

Jenis piranha ini sangat langka dan dapat tumbuh hingga mencapai 35 cm tapi jarang atau bahkan tidak ada yang berukuran 35 di akua.ketika masih muda menjelang dewasa diatas tubuh bagian atas memiliki warna abu_abu keperakan.sedangkan pada saat anakan memiliki bintik hitam di bagian tubuh atas,bagian tubuh bawah berwarna orange/kemerahan.Sebagian besar kepala berwarna abu-abu, dengan ada warna oranye atau merah pada sisi bawah. Mata berwarna keperakan, dengan pigmen hitam di atas dan di bawah iris.Sirip dubur dan dada oranye dan kemerahan. Sirip punggung gelap keabuan-hitam, sirip hitam. Sirip ekor menyerupai Redbelly.

Masalah makanan sama seperti piranha lainya.Ikan ini bisa dicampur dengan piranha jenis lain antara lain Pygocentrus nattereri, Pygocentrus piraya, Pygocentrus ternetzi, dan Super reds belly.


PALMAS TAMBANG

 

Erpetoichthys calabaricus atau istilah indonesianya palmas,biarpun palmas ada banyak jenis tapi orang awam menyebutnya palmas.Di indonesia sendiri palmas jenis ini disebut ropefish / palmas tambang.dari jenis palmas lain sepertinya ini jenis yang paling kecil panjang seperti tali/tambang seperti ular juga.

Ikan ini dapat ditemukan di Afrika Barat, dengan habitat alam yang membentang dari Nigeria river Kongo river kamerun.panjang maximal ikan ini 90 cm dialam liar.palmas tambang hidup pada air bersuhu 22-28 ° C,pH 6,5-7,5,dan sama seperti spatula arapaima gabus dll ikan ini bisa mengirup udara langsung.sepertinya semua jenis palmas adalah binatang nokturnal (aktif dimalam hari/diwaktu gelap).

Masalah pakan ikan ini bisa diberi cacing beku/ikan_ikan kecil yang muat dimulutnya.kalo bisa pakanya dibuat tenggelam dia akan mencari dengan mengendus aroma ikan.

Pengaturan akua untuk palmas ini adalah dengan dasar pasir_pasiran dan batuan kecil dan diberi kayu_kayuan akar_akaran atau batu berrlubang/goa untuk tempat persembunyianya.Biarpun makan ikan/cacing/serangga tapi ikan jenis ini termasuk tidak galak dan agresif.

 

PAYARA Si Ikan Vampire

 

Payara/vampire fish adalah ikan dari sungai amazon.Payara hidup di air yang berarus deras di Brazil, Bolivia, Peru, Ekuador dan Venezuela.

Ikan payara dapat mencapai panjang 1,2 meter lebih dan berat 18 kg.Payara adalah ikan yang sangat agresif dan bisa memangsa ikan sejenisnya,bahkan ikan ini bisa memakan ikan setengah ukuran badanya.Yang unik dari ikan ini adalah gigi taring yang panjang didepan,makanya dijuluki vampire fish.Hidup di air bersuhu 24°C - 28°C

Dikalangan hobis ikan predator banyak yang memelihara ikan ini di aqua ketika masih kecil.Untuk pengaturan aqua hendaknya diberi dasar pasir dan batuan untuk bersembunyi.Untuk payara tidak diperlukan tumbuhan karena ikan ini biasa bergerak diperairan deras.Pakan untuk ikan jelas adalah ikan kecil lainya bisa juga dilatih makan ikan mati yang beku,tapi tentunya tidak menarik dilihat bagi sebagian orang.

Selain disukai para hobis aqua Payara juga disukai para pemancing.Ikan ini dikenal dengan fightnya yang mengesankan mempunyai daya juang tinggi.Selain itu ikan ini juga bisa melompat ketika berusaha melepaskan mata kail (kaya marlin kali ya).Biasanya untuk menagkap ikan ini digunakan teknik cast dengan spon/jig,pastikan juga anda mempunyai banyak persediann tali/neklin karena ikan ini bergigi tajam.

 

CHANNA BARCA



Channa barca/Barca snakehead adalah jenis channa yang sangat-sangat langka.Menurut informasi dari snakehead org hanya 3 spesies yang disimpan di akuarium (tapi ko pernah baca di MFK ada yang jual ya?pasti mahal...dan di forum-forum ikan juga lumayan banyak yang punya).Gabus ini berasal dari Goalpara sebuah kota kecil di tepi sungai india dan ada juga di bangladesh.

Ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai 90cm.
Hidup disekitar suhu 18c.
PH 6.5-8.0

 

DWARF SNAKEHEAD

 

Channa gachua/dwarf snakehead kenapa dijuluki dwarf/kurcaci? Pasti anda sudah bisa menebaknya.Ikan jenis ini diberi nama kurcaci karena memang ukuran tubuhnya yang kecil dibanding jenis chana lain apalagi TOMAN.

Panjang maximal ikan ini adalah 20cm dan untuk memiliki panjang 20cm.Kabarnya membutuhkan waktu 8 tahun,cukup lumayan lama kalo kita menunggu belum lagi biasanya pertumbuhanya kurang maximal jika ditaruh dalam akua.Channa jenis ini dapat ditemukan di daerah asia dari pakistan,sri lanka,dan sampai ke negara kita.

karena ukuran yang relatif kecil dan warna yang lumayan menarik,channa gachua dimiati juga oleh para hobi ikan air tawar kususnya jenis channa.

 

BANGKA SNAKEHEAD

 

Channna Bankanensis/Bangka snakehead sulit juga mencari tentang informasi ikan jadi kebenaranya tidak 100% akurat padahal gabus ini berasal dari Indonesia tapi ngga tau nama lokalnya apa.Penyebaranya antara lain sumatra,pulau bangka,kalimantan dan malaysia.Apa ini gabus lokal biasa ya?(maklum buta masalah ikan gabus)

Menurut informasi gabus ini bisa tumbuh sampe 30cm.cirinya sebaga berikut=
warna tubuhnya coklat kemerahan pada sisik bagian kepala,mempunyai bintik pada sirip,giginya besar dan bertaring.Gabus ini hidup pada suhu 26-30c.

Menurut informasi juga,gabus jenis ini sangat agresif terhadap jenis ikan lain.Dia akan meyerang ikan lainmeskipun lebih besar,ikan ini akan menggigit perut/ekornya dan akan membunuhnya dan biasanya dimangsa juga.Jadi ikan ini sangat disarankan untuk tidak diberi pasangan,ciri predator memang begini hehee...masalah makanan sudah dipastikan sangat mudah kaena ikan predator akan memangsa ikan apa saja dari daging sampe ikan kecil ataupun serangga.

 

ORANGE SPOTTED SNAKEHEAD 

 

Chana aurantimaculata / orangespotted snakehead ikan gabus yang berwarna tubuh kecoklatan bercampur dengan garis vertikal berwarna orange jeruk.Chana jenis ini dapat ditemukan di sungai brahmaputra di India,sama dengan jenis chana belheri.

Chana jenis ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 40cm menurut data wiki tapi menurut fishbase hanya 19cm,tapi sepertinya yang saya percaya yang 40cm.Karena belum pernah melihat secara langsung dan tidak menemukan data jadi terserah percaya yang mana.

 

TROPICAL GAR

Tropical gar masih dalam genus Atractosteus yaitu Atractosteus tropicus.Ikan ini dapat ditemukan diKaribia dan Drainase Pasifik di Meksiko selatan dan Amerika Tengah.

Tropical gar bisa mencapai panjang 1,5 meter di alam liar,tapi hal ini jarang ditemui.Penampilan Tropical gar mirip dengan longnose gar tapi memiliki moncong yang pendek dan lebih besar.

Ikan ini sering ditemukan diperairan hangat dan dataran rendah.Terlihat di permukaan dan mengambang menyerupai kayu.

 

Sumber :  http://pirarucumonster.blogspot.com/

8 komentar:

  1. Tropical gar itu nama lain nya spooted gar ya gan? ..

    BalasHapus
  2. Ikan Gabus tidak masuk ya?... padahal ukurannya bisa 10 kg. Hana Argus mirip ikan Bujuk, Bangka Snakehead = Srandang dan Dwarf Snakehead = Bogo/ Selincah.Selincah ada Juga yang menyebut selincah dengan ikan sejenis Betok beda ikan . Jenis ikan ikan diatas masih banyak di sekitar perairan Komering OKI Sumatera Selatan

    BalasHapus
  3. saya jual piranha komplet ukuran besar dan kecil.hub 0877 38017040/085729269241.silahkan sms /call aja

    BalasHapus
  4. saya juga menjual tropical gar (45cm), longnose gar(10cm) hasil kawin silang dengan aligator gar, dan aligator gar (80cm) hub: 085719954550. bogor

    BalasHapus
  5. Saya pecinta snakehead, dan jujur aja.. snakehead itu makin langka :(

    BalasHapus
  6. sepertinya keren juga nih kalo di jadikan sebagai ikan hiasan dirumah, hehe...

    BalasHapus
  7. Lengkap banget gan,macam macam ikan predator yang agan sajikan terima kasih

    BalasHapus