Sungai Progo menyimpan potensi spot fishing yang tidak kalah seru dibanding daerah lain. Banyak sekali Kedung ataupun ceruk-ceruk yang yang dihuni oleh ikan-ikan predator seperti Palung, Beyong, dan lain-lain. selain itu ada ikan yang menghadirkan sensasi strike yang unik. Ikan melem adalah ikan yang unik dilihat dari caranya memakan umpan. Dan diakui oleh para pemancing di daerah Magelang, ikan melem masuk dalam daftar buruan yang sulit. Dengan teknik khusus yang oleh para pemancing Magelang disebut teknik nutul baru bisa mengatasi kecerdikan Si Melem ini.

Tentu saja teknik ini hanya bisa dilakukan dengan joran yang ujungnya kecil dan punya sensitifitas yang tinggi. Karena pada saat umpan dimakan, hampir tidak ada sentakan dari ujung joran. begitu lembut gerakannya dan hampir tidak bisa dibedakan dengan gerakan aliran airnya. jika umpan yang digunakan roti ataupun mie instan yang mudah terlepas terkena arus air, tentu saja sangat dibutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk menaklukkan ikan tersebut.

Namun gerakan pada waktu makan yang lembut itu akan berubah menjadi liar saat terkena mata pancing. Spontan ikan akan masuk ke tempat yang lebih dalam dengan posisi menukik ke bawah dengan kecepatan yang luar biasa, dan tentu saja akan meninbulkan sensasi yang dahsyat. Aapalagi untuk ukuran ikan yang diatas tiga jari.